Thursday, December 23, 2010

Journey to The Middle East - The Promised Land

Canaan
"It is a land of wheat and barley; of grapevines, fig trees, and pomegranates; of olive oil and honey." Deut 8:8

Setelah satu malam menginap di Nuweiba, tur group kami berangkat pagi - pagi menuju perbatasan Mesir - Israel di paling selatan Israel ,Taba Border. Sayangnya tidak boleh ada foto samasekali setiap kali kami melewati perbatasan atau daerah militer, jadi tidak ada dokumentasi samasekali seperti apa perbatasan di sana. Perbatasannya sendiri adalah perbatasan darat, jadi ada satu kantor imigrasi untuk keluar dari Mesir, kemudian dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter ada satu kantor imigrasi lagi untuk masuk ke Israel.

Beberapa orang bilang kalau masuk ke Israel tidak mudah, bahkan ada beberapa group yang bahkan tidak bisa masuk ke Israel, tetapi pagi itu group kami cukup beruntung karena kami masuk Israel dengan cukup mudah, hanya beberapa hal kecil saja seperti salah satu anggota group yang diharusnya membuka bagasi dan karena panik, somehow tidak dapat menemukan kunci kopernya jadi harus dibuka paksa, tour leader kami yang harus masuk ruang pemeriksaan :D tapi overall lancar :) sekitar 2 jam di migrasi seluruh anggota tour sudah dapat cap imigrasi dan masuk ke Israel. Suasana yang sangat berbeda dari yang tadinya padang pasir sepanjang jalan, masuk ke Israel yang tetap padang pasir tetapi dengan bantuan teknologi sudah mulai menjadi lahan pertanian dan peternakan. Dari Taba perjalanan dilanjutkan dengan bus, menuju Eliat menyusur timur Israel ke Utara menuju Jerusalem.
Perkebunan Jeruk (di padang pasir..)

Peternakan Sapi (juga di padang pasir)

Delima (Pomegranates)

Waktu kita ke sana lagi musim delima, mantap bener, di peras jadi juice, 2 USD segelas. Btw karena di sana tourism jadi salah satu pendapatan yang cukup tinggi, USD jadi mata uang yang diterima umum, mulai dari toilet sampe beli makanan bisa dihargai dengan USD (dari jakarta kita sudah siap2 pecahan USD 1).

Jalur cerita Musa selanjutnya adalah Mount Nebo, dimana Musa melihat tanah Canaan dari kejauhan. Mt. Nebo saat ini ada di wilayah Yordania (berbatasan di bagian timur Israel). Kami mengunjungi Mt. Nebo ini di dua hari terakhir perjalanan kami. Dari Israel menuju ke Amman-Yordania melalui King Hussein (Allenby) Bridge Border Crossing.

Mt. Nebo cukup cerah waktu kemarin kami datang, sayangnya karena winter, site ini tutup jam 4. Sedangkan kami sampai di sana sudah jam 3:30 hehehe, jadilah judulnya cuma selayang pandang aja. Sempat lihat semacam museum yang menyimpan batu - batu dan mozaik2 (I didn't really pay attention itu batu2 apa hahahaha, sibuk foto2 soalnya :p) kemudian ada tongkat Musa dari atas gunung Nebo dimana Musa memandangi tanah perjanjian.